Kamis, 07 Januari 2016

Tugas Akhir Soft Skill Bahasa Indonesia 2

Penulisan ini ditujukan untuk menyelsaikan tugas akhir mata kuliah soft skill Bahasa Indonesia 2.

Berperan Dalam Sebuah Pementasan Drama.

Tugas akhir mata kuliah soft skill Bahasa Indonesia 2 adalah bermain dalam sebuah pementasan drama yang bertema perekrutan tenaga kerja. Saya tergabung dalam kelompok 1 dalam tugas kali ini. Kelompok kami memainkan sebuah drama yang berjudul "Pantang Kelar Sebelum Melamar". Drama ini mengisahkan seorang tokoh utama yang berjuang untuk melamar pekerjaan walaupun Dia memiliki kemampuan rata-rata. Sikap pantang menyerah, kerja keras, kesederhanaan, dan kejujuran coba kami tonjolkan disini. Kami percaya bahwa perjuangan dan kerja keras akan selalu sebanding dengan hasil akhir yang diperoleh.

Pesan Dalam Pementasan Drama

Dalam pembuatan ide dan naskah cerita, saya ingin mengajak penonton berada dalam alur cerita yang sederhana dan klasik. Saya sendiri terinspirasi oleh Thomas Alva Edison yang mampu menemukan bola lampu walaupun mengalami kegagalan hingga ribuan kali. Edison sendiri adalah seorang disability dan bahkan tidak melalui sekolah formal seperti anak-anak lain pada usianya. Namun, keterbatasan itu justru mendorong Edison untuk bekerja keras menemukan bola lampu yang manfaatnya dirasakan hingga saat ini.

Selain itu, kami ingin menyampaikan pesan bahwa kita tidak boleh kalah sebelum berperang. Dalam drama ini, tokoh utama tidak putus asa walaupun ditolak berkali-kali oleh perusahaan tempat Dia melamar pekerjaan. Hingga pada akhirnya Dia mampu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passion yang dimilikinya. Sekali lagi saya terinspirasi oleh ucapan seorang tokoh dunia, yaitu Bill Gates, "If you are born poor its not your mistake, but if you die poor its your mistake". Memang harta bukanlah segalanya di dunia ini, namun quotes tersebut memiliki pesan bahwa kita harus bekerja keras untuk merubah kehidupan kita menjadi lebih baik.

Kesan Dalam Pementasan Drama

Saya berperan sebagai narator dalam drama ini. Narator merupakan media penyambung antara penonton dan para pemeran drama. Narator bertugas untuk menyampaikan isi dan pesan pementasan drama tersebut dengan baik. Narator adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah pementasan drama. Seorang Nabi pun bertugas menyampaikan wahyu Tuhan kepada umat. Oleh karena itu, tugas narator harus sempurna agar mampu membawa penonton ke alur cerita yang tepat. Namun, tugas seorang narator kadang seringkali terlupakan perannya. Padahal, sebagai narator kita harus mampu berakting di luar cerita, namun tetap membimbing penonton berada pada alur cerita sebenarnya. Narator pun harus mampu membuat pementasan drama lebih komunikatif dengan para penonton agar pementasan tidak terasa membosankan dan membingungkan.

Dalam pementasan sebuah drama, persiapan adalah kunci keberhasilan. Selain kekompakan, properti dan akting para pemeran drama, elemen terpenting dalam sebuah penampilan adalah persiapan. Tanpa persiapan yang matang, sehebat apapun akting para pemeran maka drama tersebut tidak akan dapat tampil sempurna.



Tidak ada komentar: